lensa kamera canon

Jenis-jenis Lensa Kamera Canon dan Fungsinya

Bagi Anda pecinta dunia fotografi, kamera dengan lensa DSLR tentunya tidak asing lagi. Lensa berbentukpanjang yang dikenal mampu menghasilkan gambar sempurna ini ternyata tak banyakdiketahui orang, terutama mereka yang awam atau masih baru dalam bidang potretmemotret. Hal ini bisa dilihat dari banyak orang ketika pertama membeli kamera,yang mereka pertimbangkan adalah brand kamera hingga model. Sama sekali tidakmemikirkan bagian lensanya. Padahal, untuk menghasilkan sebuah gambar yangmenawan, pemilihan lensa yang tepat menjadi salah satu kuncinya. Bukan berartijenis kamera tidak penting, tapi Anda bisa melakukan survey kecil denganmenanyakan pada beberapa fotografi yang dikenal, pasti sebagian besar ataubahkan semuanya akan menyarankan agar Anda memberi perhatian lebih padapemilihan lensa daripada kamera. Hal itu juga berlaku pada lensa kamera Canon.

Berikut ini jenis-jenis lensa kamera yang bisa menambah wawasan Anda dan menjadi bahanpertimbangan ketika memilih lensa kamera Canon.

  1. Jenis Lensa Macro

Lensa satu ini memiliki bidang fotografinya sendiri dan juga kemampuan menghadirkan detail yang focus pada gambar close up maupun gambar dengan ukuran super kecil. Contohnya ketika Anda mengambil gambar serangga kecil, tetesan air atau embun, hingga objek mini lainnya. Lensa macro memang terkenal digunakan fotografer yang menyukai pemandangan dan suasana alam. Deretan lensa macro tak hanya datang dari brand Cannon, tapi juga dari Sigma, Sony, hingga Nikon.

  • Jenis Lensa Wide Angle

Dari namanya, Anda pasti sudah menduga bahwa focus lensa ini adalah angle dengan sudut pandang lebar. Anda tidak salah, karena lensa ini mempunyai kemampuan mengikutkan berbagai macam objek dalam satu frame yang sama, hal yang jarang bisa dilakukan dengan lensa kamera lainnya. Efek luas dan lebar yang diberikan lensa kamera Cannon jenis ini dihasilkan dari penarikan cahaya di kedua sisi. Fotografer landscape dan travel umumnya menggunakan lensa jenis ini. Brand lainnya yang juga memproduksi lensa wide angle adalah Sony, Fujinon, dan Nikon.

  • Jenis Lensa Telephoto
Baca Juga :  Daftar HP dengan Kamera Terbaik yang Wajib Anda Miliki
lensa kamera canon

Merupakan jenis lensa kamera Canon yang umumnya disebutdengan lensa tele.  Lensa satu ini adalahandalan para fotografer karena kemampuannya memperbesar objek yang berada padaposisi jauh dan tak terjangkau. Kelebihan lensa satu ini sangat dicari ketikapemotret butuh mengambil gambar jarak jauh atau mengambil gambar yang memerlukanjarak antara obyek dan si pemotret. Lensa tele ini sangat berguna ketika Andaingin mengambil gambar salah satu pemain sepak bola di lapangan misalnya, atausaat ingin memotret bulan yang dikelilingi jutaan bintang. Jenis lensa ini jugadiproduksi oleh brand Nikon, Sigma, hingga Tamron.

  • Jenis Lensa Kit

Jenis lensa kamera Canon yang terakhir adalah lensa jenis kit. Lensa kit merupakan jenis lensa yang standar umum digunakan dan merupakan bawaan saat Anda membeli kamera. Karena merupakan bawaan pada starter kit kamera, lensa ini terbuat dari material yang tak terlalu berkualitas dan murah. Lensa ini umumnya memiliki focal length 18-55 mm dan variable apertures di mana bukaan diafragma lensa berubah sesuai zoom.

Meski merupakankomponen starter kit bawaan dan materialnya biasa-biasa saja, Anda tetap bisamemaksimalkan penggunaan lensa kamera Canon ini. Khususnya untuk Anda yang baru mulai belajar fotografi, lensakit bisa menjadi awal berlatih mengambil gambar dan memahami seluk beluk duniafotografi mulai dari sudut pandang hingga gaya memotret.

Itulah macam-macam lensa kamera Canon yang ada. Semoga bermanfaat.