harga hp xiaomi redmi note 6-pro

Harga Mirip, Mending HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro atau Note 7?

Hanya selang sekitar empat bulan sejak dirilis ke pasaran bulan November 2018 lalu, Note 6 Pro sudah punya penerus. Saat diluncurkan pertama kali itu, harga HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro dibanderol sebesar Rp2,9 juta untuk varian 3 GB/32 GB dan Rp3,3 juta untuk 4 GB/64 GB. Sekarang, harga jualnya sekitar Rp2,25-Rp2,4 juta untuk varian pertama dan Rp2,7 juta untuk varian kedua.

Yang mengherankan, si adik alias Redmi Note 7 justru dijual lebih murah. Untuk RAM 3 GB/ROM 32 GB dilepas sebesar Rp1,99 juta, sementara varian 4 GB/64 GB dihargai Rp2,599 juta. Tak hanya lebih murah dari sang kakak, harga ini juga lebih rendah dibandingkan versi serupa di negara asalnya, China, juga di India.

Menurut Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, hal itu sudah sesuai dengan filosofi mereka. Yakni agar masyarakat bisa menikmati teknologi dan inovasi terbaru tanpa harus membayar mahal.

Akan tetapi, posisi sang kakak jadi serba salah. Dengan harga yang lebih mahal, spesifikasinya secara umum bisa dibilang ketinggalan dibandingkan adiknya sendiri. Kalau kamu melihat perbandingannya di bawah ini, lebih memilih yang mana kira-kira?

Layar

Jika sang kakak punya layar IPS 6,26 inci dengan resolusi 2280 x 1080 pixel dan kerapatan pixel 403ppi, adiknya memiliki layar IPS 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 pixel dan kerapatan pixel 406ppi. Keduanya sudah memiliki notch dan dilapisi Corning Gorilla Glass. Hanya saja, ukuran poni sang kakak sedikit lebih lebar sehingga layarnya terkesan lebih kecil dibandingkan si adik.

Kamera

Ukuran notch tadi rupanya mempengaruhi kamera depan dari kedua ponsel ini. Kali ini, sang kakaklah yang lebih unggul. Ia dilengkapi dengan dual camera 20 MP f/2.0 dan 2 MP. Bandingkan dengan penerusnya yang “hanya” memiliki single camera dengan resolusi sebesar 13 MP saja. Kalau kamu tipe orang yang suka selfie, kelebihan sang kakak ini mungkin bisa kamu pertimbangkan.

Baca Juga :  5 Daftar Hp Terbaru 2018 Beserta Spesifikasinya

Akan tetapi, soal kamera belakang, Note 7 jauh lebih unggul meski masing-masing sudah memiliki dual rear cameras. Bayangkan saja, ia memiliki kamera beresolusi 48 MP f/1,8 dengan Samsung GM1 sensor dan 5 MP f/2,4; sementara saudara tuanya hanya dilengkapi kamera 12 MP f/1,9 dan 5 MP f/2,0 saja. Secara teknis, si bungsu jelas akan memberikan kualitas gambar jepretan yang melebihi pendahulunya.

Performa

Soal performa, sang kakak yang dibekali chipset Snapdragon 636 juga sedikit ketinggalan dari adiknya yang memiliki Snapdragon 660 AIE. GPU alias Graphic Processing Unit-nya pun terbilang kalah, yakni Adreno 509 yang memiliki kinerja lebih rendah daripada Adreno 512 kepunyaan si adik.

USB Port

Seakan belum puas kalah, lagi-lagi sang kakak harus ketinggalan dari segi USB Port. Pasalnya, ia masih memakai MicroUSB yang notabene sudah dianggap ketinggalan zaman. Di sisi lain, adiknya sudah menggunakan USB Type-C yang mampu memindahkan data lebih cepat dan praktis digunakan.

Baterai

Dari segi baterai, sebenarnya Redmi Note 6 Pro sudah memiliki kapasitas baterai yang sama dengan adiknya, yakni 4.000 mAh. Baterai sebesar itu pun sudah cukup nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari-hari tanpa harus sering isi daya.

Namun, tetap saja sang adik lebih unggul karena memiliki fitur QuickCharge 4.0 sehingga mampu mengisi daya lebih cepat. “Untungnya,” charger bawaan Note 7 ternyata justru tidak support fast charging, sehingga ketertinggalan sang kakak dalam hal ini masih tidak terlalu mengecewakan.

Bagaimana, setelah membaca perbandingan di atas, mana yang ingin kamu pilih?