Begini Loh, Cara Menggunakan Headset Bluetooth untuk Telepon!

Kalian pasti tahu atau bahkan memiliki perangkat yang bernama headset bukan? Headset merupakan gabungan dari headphone dan mikrofon. Dengan perangkat ini, kalian memungkinkan untuk mendengar suara dan berbicara melalui perangkat lainnya, misalnya telepon. Ada beberapa jenis headset yang beredar di pasaran, salah satunya adalah headset bluetooth. Berbeda dengan headset yang disambungkan ke perangkat lain dengan kabel, headset bluetooth akan memanfaatkan teknologi bluetooth antarperangkat. Tahukah kamu cara menggunakan headset bluetooth itu? Khususnya, cara menggunakan headset bluetooth di telepon kamu. Untuk penjelasan selengkapnya mari ikuti ulasan berikut ini.

Handsfree Wireless Bluetooth Headset System for Telephone ...

Berbicara mengenai headset bluetooth, akan kami ulas sedikit mengenai teknologi bluetooth itu sendiri. Bluetooth merupakan sebuah teknologi komunikasi tanpa kabel yang bisa beroperasi pada sebuah frekuensi 2.4 GHz secara realtime dan antarperangkat. Syarat utama agar bisa berkomunikasi tentu saja antarperangkat (misal telepon dan headset) memiliki teknologi bluetooth ini. Jadi, kamu mesti memastikan, ya jika ingin menggunakan headset bluetooth di telepon kamu, terlebih dahulu pastikan telepon kamu terpasang teknologi bluetooth ini juga.

Setelah gambaran singkat mengenai perangkat ini sudah kamu ketahui, yuk kita lanjut ke cara mengunakan headset bluetooth di telepon kamu untuk berkomunikasi maupun mendengarkan musik.

  1. Kamu perlu memastikan terlebih dahulu jika bluetooth di kedua perangkat, baik headset atupun telepon, sudah aktif dan tidak ada kerusakan. Tidak perlu khawatir terhadap versi dari masing-masing bluetooth di kedua perangkat, baik pada headset atau telepon kamu. Walaupun berbeda versi, komunikasi antarperangkat tetap  bisa dilakukan.
  2. Selanjutnya, buka Pengaturan dan pilih menu Connection. Pada menu ini kamu pilih lagi Bluetooth Device. Klik on.
  3. Melalui langkah ini, perangkat Bluetooth di telepon akan mencari perangkat yang memancarkan koneksi bluetooth yang aktif di sekitarnya. Jika kamu sudah mengaktifkan bluetooth di headset kamu, akan ada hasil yang menunjukkan nama bluetooth kamu di layar telepon sebagai perangkat yang tersedia. Klik perangkat headset bluetooth yang terdeteksi itu.Bluetooth - Verify Bluetooth Phone Connection on Windows 7
  4. Di sini kamu perlu menunggu beberapa saat karena proses pairing kedua perangkat sedang dilakukan. Di sini, kamu perlu kesabaran karena jika versi bluetooth perangkat kamu masih yang lama, akan ada jangka waktu sebelum keduanya benar-benar terhubung.
  5. Pada beberapa perangkat, akan muncul notifikasi keamanan untuk memasukkan PIN. Kamu bisa lihat PIN dari headset bluetooth kamu di kolom petunjuk headset kamu. Jika tidak dijelaskan secara detail, kamu bisa mencoba 0000 sebagai alternatif default PIN beberapa perangkat headset bluetooth.
  6. Jika sudah benar-benar terhubung, kamu tinggal mengatur output suara yang dihasilkan dalam pengaturan telepon kamu untuk merasakan output audio yang kamu inginkan. Jika tidak, maka suara yang keluar adalah suara dengan settingan default.
  7. Selanjutnya coba kamu tes dengan menyalakan sebuah film atau memutar musik di telepon kamu. Kemudian kamu pasang headset di kedua telinga kamu. Jika kamu belum merasakan output audio yang maksimal di headset bluetooth kamu, ulangi lagi langkah keenam, hingga kamu benar-benar bisa menikmati output audio sesuai selera kamu.
Baca Juga :  Daftar HP dengan Kamera Terbaik yang Wajib Anda Miliki

Nah, begitulah cara menggunakan headset bluetooth di telepon. Sangatlah mudah bukan? Tentunya dengan penggunaan headset bluetooth ini, ruang gerak dan kenyamanan kamu untuk menerima telepon, mendengarkan musik,  dan menikmati bermacam audio dari telepon kamu. Sebagai tambahan, kualitas suara yang keluar dan tingkat koneksi kedua perangkat kamu (telepon dan headset bluetooth) bergantung pada versi bluetooth dan versi perangkat kamu. Semakin baru dan canggih, kamu akan semakin mudah dan nyaman dalam penggunaan headset bluetoothmu itu. Selamat mencoba.